Review Singkat Xiaomi Pocophone


Kehadiran Pocophone di Indonesia langsung menyita perhatian tidak sedikit pihak, khususnya para vendor device. Pasalnya, anak perusahaan Xiaomi ini merupakan satu-satunya yang bisa memperkenalkan ponsel dengan spesifikasi kelas premium dengan harga menengah.

Harga ini bahkan dinilai lumayan murah oleh para konsumen yang terbiasa merogoh kocek untuk membeli ponsel di kisaran Rp5 juta. Ditambah lagi, jeda waktu perilisannya di Indonesia dengan versi global tidak hingga seminggu, membikinnya terus nyata sebagai ancaman kepada kompetitor.

Nah, ingin tahu semacam apa kesan pertama kita mencoba Pocophone F1? Semoga postingan hari ini bisa menjawab rasa penasaran Anda!

  • Desain

Mengikuti tren saat ini, POCOPHONE F1 ini memakai layar penuh dengan lebar 6,18 inci selesaiolusi Full HD+ (2246 x 1080 piksel), berteknologi IPS, serta beraspek rasio 18,7:9 dibagian depannya.

Perangkat ini pun telah memakai poni alias notch dibagian atasnya yang bermanfaat untuk menyimpan kamera depan, sensor, serta celah suara. Tetapi untuk menekan harga, Xiaomi menyematkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3 model lama dibagian layar ketimbang Corning Gorilla Glass 6 terakhir.

Selain itu, tidak tersedia juga lapisan oleopkegemaranc dibagian layarnya. Bahkan bezel pada POCOPHONE F1 tetap bisa dibilang besar untuk ukuran device berlayar penuh. Tidak sama dengan Mi 8, tampilan bodi belakang dari device ini pun tidak lebih berinovasi serta terkesan tidak menawan.

Bahkan ketika saya memegang bodi polycarbonate yang hadir pada POCOPHONE F1 ini membikinnya terasa semacam device yang memakai spesifikasi hardware kelas menengah. Meskipun begitu, saya enjoy untuk menggenggamnya dengan satu tangan sebab tidak terasa licin semacam bodi besi alias kaca.

Beralih ke tahap atas, perangkat ini telah dilengkapi dengan port jack audio 3,5mm. Sementara dibagian bawahnya tersedia dua celah speaker stereo serta port USB Type-C untuk pengisian daya baterai maupun transfer data.

Untuk slot kartu SIM dari device ini berada di tahap kiri dengan berjenis Hybrid yang memungkinkan pemakainya bisa menyematkan 2 kartu SIM tanpa kartu microSD alias 1 kartu SIM serta 1 kartu microSD sekaligus.

Selanjutnya, dibagian kanannya tersedia tombol volume serta power yang disusun dengan cara vertikal. Faktor ini mempermudah pemakainya dalam meperbuat kombinasi screenshot hanya dalam memakai satu tangan saja.

Mengikuti tren saat ini, POCOPHONE F1 ini memakai layar penuh dengan lebar 6,18 inci selesaiolusi Full HD+ (2246 x 1080 piksel), berteknologi IPS, serta beraspek rasio 18,7:9 dibagian depannya.

Perangkat ini pun telah memakai poni alias notch dibagian atasnya yang bermanfaat untuk menyimpan kamera depan, sensor, serta celah suara. Tetapi untuk menekan harga, Xiaomi menyematkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3 model lama dibagian layar ketimbang Corning Gorilla Glass 6 terakhir.

  • Kamera

Meski menjagokan kinerja bukan berarti Pocophone F1 melalaikan nilai kamera. Kamera mutlak Pocophone F1 telah dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan alias AI. Sensor mutlak kamera ini mempercayakan sensor Sony IMX363 12 MP+ 5 MP buatan Samsung. KOmbinasi kamera ini bisa diandlkan untuk meringkus gambar portrait untuk menghasikan efek bokeh.

Aperture kamera ini merupakan f/1.9 dengan 1.4┬Ám, dual pixel PDAF. Artinya, Kamu bisa membidik fokus dengan cepat serta lebih baik walau dalam kondisi rendah cahaya. Sedangkan teknologi AI pada kamera Pocophone F1 bakal menolong pemakai memperoleh hasil yang maksimal berbekal alogaritma yang disesuaikan dengan subjek alias objek gambar yang bakal diambil.

Beralih ke kamera depan, Pocophone F1 terbukti tidak disebut sebagai ponsel selfie, tapi sensor 20MP yang dimilikinya pasti bakal membikin Pocophone F1 lebih handal untuk mengambil gambar diri. Terlebih, kamera depan ini juga disertakan dengan AI Beauty Mode serta infrared.

Meski hanya single kamera, pemakai juga bisa mengambil gambar portrait untuk memperoleh hasil gambar dengan efek bokeh. Sedangkan manfaat infrared-nya untuk menolong face unlock dalam mendeteksi wajah supaya lebih seksama khususnya dalam kondisi rendah cahaya. Tidak hanya itu, infrared juga supaya fitur face unlock tidak bisa dikelabui oleh gambar alias gambar.

Untuk perekaman video, kamera mutlak Pocophone F1 mempunyai sensor gyro-EIS untuk menyetabilkan gambar pada nilai perekaman 1080p@30fps.  Perangkat ini bisa merekam dengan alternatif frame rate tinggi mulai dari 720p@120fps, 10880p@120fps,720p@240fps serta1080p@240fps. Sementara nilai video bisa dipilih dari reolusi UHD4K, 1080p serta 720p.

  • Kemampuan

Sebagai ponsel rasa premium, Pocophone F1 mengadpilihan prosesor Qualcomm Snapdragon 845. Prosesor ini terbukti biasanya terpasang pada ponsel dengan harga lebih dari Rp7 juta. Punya kasta paling atas, prosesor ini mampu menghasilkan kemampuan yang apik di kelasnya.

Ponsel di harga yang sama telah pasti kalah dari Pocophone F1, apalagi ditambah dengan kapasitas RAM 6GB. Oleh sebab itu, kita membandingkannya dengan ponsel lain yang juga memakai prosesor ini. Di bawah ini merupakan perbandingan skor untuk PCMark serta 3DMark.

Spesifikasi premium Pocophone F1 juga membikin OS yang terpasang sangat ringan. Kamu tidak bakal menemukan lag dalam menjalankan apapun, termasuk mengoperasikan berbagai software sekaligus. Layar yang jernih menghasilkan resolusi termasuk tinggi di kelasnya juga tepat untuk memenuhi aktivitas pemakainya.

Pengalaman ini sama persis saat Kamu memakai ponsel kompetitor yang harganya lebih mahal. Faktor yang sama juga berlaku saat bermain game.