Tips Membuat Cat Dinding Tahan Awet Anti Bocor


Adakah tutorial membikin cat dinding luar rumah tahan lama serta tahan lama? Cat dinding dibagian luar rumah nyatanya bisa lebih cepat mengalami kerusakan semacam warnanya yang memudar alias terkelupas sebab paparan sinar matahari serta guyuran air hujan. Bahkan perubahan iklim juga bisa membikin munculnya jamur di tembok rumah sebab suhu yang lembab alias basah.

Sebab itu cat dinding dibagian luar rumah juga butuh dirawat supaya penampilannya rutin sedap dipandang mata. Apalagi tak lama lagi Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran bakal tiba di mana bakal ada tak sedikit tamu yang bakal berkunjung ke rumah Anda.
  • Ini trik supaya cat rumah masih tahan lama
1.Dinding pagar
Apabila dinding agar Kamu berupa plesteran serta di finish dengan warna cat, maka ketika meperbuat plester, gunakan adukan yang standar, umpama 1 : 3 (semen : pasir). Adukan yang ideal tak membikin dinding pecah, retak ataupun rontok, faktor ini pastinya bakal mempengaruhi ketahan lamaan cat.
Saya sarankan, untuk dinding psupaya yang diplester wajib di-finished dengan aci, jangan gunakan vlamuur (plamir) sebagai finishing-nya. Dinding psupaya yang dilapisi aci bakal lebih tahan lama, tak mengelupas serta tak berjamur.

2. Cat Tembok Tahan Air
Berbagai trik yang bisa dicoba untuk membikin cat tembok tahan air serta tahan lama pada bangunan baru serta bangunan lama:
Anda bisa mencoba untuk memakai mortar sebagai bahan yang dipakai pada plesteran dinding. Bahan ini mengandung zat aditif integral waterproofing alias yang bisa juga disebut sebagai redseal plesteran.
Bahan lain yang bisa dipakai sebagai bahan anti rembesan merupakan bahan trasram, yang terbuat dari susunan bata yang dilapisi mortar cement. Bahan trasram ini biasanya dipakai juga pada tembok kamar mandi.
Apabila kebocoran hanya memunculkan noda berupa spot-spot yang samar, penanganannya bisa memakai waterproofing type coating. Bahan ini tak sedikit terdapat di toko-toko alat bangunan.

3. Pencegahan
Pada saat pembuatan tembok diperbuat, pastikan memakai campuran dengan komposisi yang sesuai. Gunakan campuran 1:2 dengan memastikan kadar air yang dipakai tak berlebihan ataupun ketidak lebihan supaya tembok bisa bersifat kedap alias tahan kepada air.

Anda bisa memakai lapisan waterproof alias damproof untuk menghindari adanya kelembaban di tahap tembok yang berpotensi bisa kemasukan air yang merembes.